7 Cara Mengajar Ala Rasulullah Yang Wajib Diketahui Para Pendidik

 2. Teknik Diskusi

Di antara momen diskusi antara Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam dan para sahabatnya yang amat melekat dalam jiwa kaum Muslimin terjadi dalam peristiwa sebelum Perang Uhud dan Perang Khandaq.

Di dalam dua perang tersebut, Rasulullah yang mulia dan amat ditaati perintahnya meminta pertimbangan kepada para sahabatnya. Padahal, apa pun yang beliau sampaikan pasti dituruti. Haram bagi para sahabat menyelisihi ucapan kekasih sekaligus junjungannya itu.

Tatkala Nabi menyampaikan sebuah usul, para sahabat pun bertanya, apakah yang beliau sampaikan termasuk wahyu atau pendapat pribadi? Saat Nabi menyebutkan bahwa hal itu merupakan pendapat, para sahabat tak ragu untuk menyampaikan gagasan yang menurut mereka paling baik dan disepakati oleh sebagian besar kaum Muslimin.

3. Berkisah

Sebagian besar ajaran kebaikan yang termaktub di dalam al-Qur’an al-Karim disajikan dalam bentuk kisah, cerita, bertutur. Begitupun dengan banyak riwayat hadits, dimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam mengisahkan banyak kejadian yang dialami oleh para Nabi dan orang shalih terdahulu.

Melalui metode berkisah, muatan hikmah lebih mudah ditangkap sebab disajikan dengan ringan dan kronologis. Berkisah juga diminati dan bisa disajikan untuk lintas usia, mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Dengan penuturan yang berintonasi bagus, kisah semakin asyik untuk dinikmati dan abadi di dalam memori peserta didik.

LANJUT BACA HALAMAN 3

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Mengajar Ala Rasulullah Yang Wajib Diketahui Para Pendidik "

Posting Komentar