Guru Tolak Dipindahkan Akan Kehilangan Tunjangan, Karena...



Hal ini terjadi karena Pemda tidak melakukan pembatasan pendirian sekolah, sehingga banyak ditemukan sekolah- sekolah kecil dengan jumlah rombongan belajar (Rombel) yang tidak sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan (Sisdiknas) yakni untuk sekolah dasar (SD) jumlah rombel 28 dengan jumlah minimal 20. Sedangkan SMP sebanyak 32 atau minimal 28 rombel dalam satu kelas.

Dalam kenyataan di lapangan, banyak ditemukan sekolah kecil di satu zonasi dengan jumlah siswa di bawah ketentuan. Hal ini yang menyebabkan sekolah mengeluhkan kekurangan guru.

Solusi yang disiapkan Kemdikbud untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penggabungan atau merger sekolah, kata Hamid.

Dalam hal ini, sekolah- sekolah kecil dalam satu zonasi akan digabungkan untuk memenuhi ketentuan rombel sehingga mempermudah dalam pembinaan. Selain itu, bagi sekolah yang kelebihan guru akan masuk dalam program redistribusi sesuai dengan perhitungan pemerintah.

“Setelah dihitung ada kelebihan guru maka perlu diredistiribusi setiap zonasi. Mau tidak mau harus terima. Semisalnya, dalam SMP ada empat guru matematika tapi kebutuhan hanya dua, maka tunjangan profesi tidak akan dibayarkan bagi guru yang enggan untuk dipindahkan,” terangnya.

Hamid mengatakan ketentuan rombel tidak berlaku untuk sekolah di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T). Bahkan untuk mendorong siswa kembali ke sekolah, pemerintah membangun sekolah satu atap. Dalam hal ini, proses merger sekolah ini dilakukan baik negeri maupun swasta yang ada di perkotaan.

Sumber : http://www.beritasatu.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.PERANGKATGURU.COM,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Guru Tolak Dipindahkan Akan Kehilangan Tunjangan, Karena..."

Posting Komentar