Sangat Berat! Ini 3 Syarat Guru Honorer Bisa Daftar CPNS

Selamat  Datang di PERANGKATGURU.COM- Ditemui di Jakarta, Jumat (24/11/2017) kemarin, Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Hamid Muhammad menjelaskan tiga syarat untuk mendaftar CPNS guru. Tiga syarat tersebut adalah ijazah minimal S1, sudah memiliki sertifikat profesi guru, dan usia maksimal 33 tahun.


“Kalau merujuk syarat itu, hanya ada 2.992 orang guru honorer yang bisa mendaftar CPNS baru tahun depan,” kata Hamid, dikutip dari jpnn.com.


Diketahui bahwa guru PNS yang pensiun tahun depan ada 51.458 orang. Lantas untuk menambalnya, pemerintah berencana mengadakan rekrutmen CPNS guru tahun depan.

Yang jadi masalah, sebagaimana dikatakan Hamid, adalah guru honorer yang memenuhi syarat CPNS baru hanya 2.992 orang. Menyikapi hal tersebut, Kemendikbud pun berupaya melobi Kementerian PAN-RB supaya ada keringanan syarat pendaftaran.

Sebetulnya, hamid menjelaskan, guru honorer di Indonesia jumlahnya banyak, mencapai 1,5 juta orang. Namun, ketika dikualifikasikan dengan tiga syarat pendaftaran CPNS guru tersebut, maka jumlahnya menyusut tajam.

Masih dilansir dari laman jpnn.com, upaya Kemendikmud untuk meringankan persyaratan tersebut adalah meminta agra syarat harus memiliki sertifikasi guru ditangguhkan. Jika hal kepemilikan sertifikasi tersebut ditangguhkan, ucap Hamid, maka jumlah guru honorer yang bisa daftar CPNS ada 383 ribu orang.

Lebih lanjut Hamid menjelaskan, penangguhan syarat sertifikasi guru itu terkait dengan status kepegawaian. Jadi nantinya, peserta yang lulus ujian statusnya tetap CPNS. Baru setelah memiliki sertifikat guru, statusnya naik jadi PNS.

LANJUT BACA HALAMAN 2


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sangat Berat! Ini 3 Syarat Guru Honorer Bisa Daftar CPNS"

Posting Komentar