Ternyata Profesi Guru Di Malaysia Sangat Dihormati, Beginilah Perbedaan Signifikanya

Selamat  Datang di PERANGKATGURU.COM- Mahasiswa Doctoral Program Educational Psychology UPSI, Dosen Prodi Psikologi Unimal, melaporkan dari Malaysia


MENURUT Anda, profesi apa yang paling dihargai, dihormati, dan disegani di Indonesia?

Mungkin sebagian dari kita akan menjawab profesi dokter, pilot, dan lainnya. Jawaban ini mungkin tak akan kita jumpai di Tanah Malaka, Malaysia. Kesimpulan ini berawal dari penghargaan dan penghormatan yang saya dapatkan ketika mereka tahu bahwa saya pelajar di University Pendidikan Sultan Idris (UPSI).


Berbagai urusan jadi mudah dan cepat tanpa banyak pertanyaan dan selidikan ketika para petugas membaca student matrix card saya. Petugas pun ramah dan responsif melayani saya, baik di tempat fasilitas umum seperti rumah sakit/klinik kesehatan, train station, maupun ketika berurusan dengan imigrasi di airport.

Kenalan di perjalanan terkhusus orang asli Malay pun menunjukkan sikap yang sama. Pernah suatu ketika seorang kenalan di train station bertanya, “Studi di UPSI Cekgu, ke?”
“Oh ya, sa-ya...Cekgu di University di Aceh,” jawab saya agak ragu.
“O, lecture,” tukasnya.

Penghargaan yang sama juga saya dapatkan baru-baru ini saat berkunjung ke Perpustakaan International Islamic University Malaysia atau UIA. Seperti biasa di mana pun, karena saya bukan student di situ, maka saya langsung melapor pada petugas yang dekat dengan pintu masuk. Petugas minta saya menunjukkan student card sambil mempersilakan untuk mengisi buku tamu.

Setelah melihat student card saya, mimik muka dan cara berbicara petugas langsung berubah menjadi lebih ramah dan hangat. “Puan dari UPSI ke? Sila, sila,” petugas tersebut mempersilakan saya masuk dengan ramahnya. Tak lupa dia berpesan, jika perlu bantuan apa-apa bisa hubungi sambil menunjuk seorang petugas di meja seberang.

LANJUT BACA HALAMAN 2

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Profesi Guru Di Malaysia Sangat Dihormati, Beginilah Perbedaan Signifikanya"

Posting Komentar