Ternyata Profesi Guru Di Malaysia Sangat Dihormati, Beginilah Perbedaan Signifikanya

Dari beberapa peristiwa yang saya alami itu, awalnya saya merasa terlalu GR (gede rasa -red) untuk berkesimpulan tentang UPSI. Saya tidak terlalu berani membuat kesimpulan yang muluk-muluk karena saya tahu masih banyak universitas besar di Malaysia seperti UM, UKM, UTM, dan seterusnya. Malah beberapa teman hanya memandang sebelah mata terhadap universitas pilihan saya ini.

Rasa ingin tahu ini terus saya pelihara dengan bercerita ke teman-teman Malay dan bertanya pengalaman teman-teman UPSI lainnya. Ternyata usut punya usut saya mendapat informasi bahwa bagi orang Malaysia profesi guru begitu besar harganya. 

Tanpa guru, Malaysia tak bisa menjadi negara semaju ini. Terlebih UPSI. UPSI adalah universitas keguruan negeri yang tertua di Malaysia. Banyak guru senior, hebat, dan berkelas dicetak oleh UPSI. Maka wajarlah saat nama UPSI disebut, akan kedengaran “berbeda” di telinga orang-orang Malaysia.

Berbeda dengan guru di negeri kita. Entah apa sebabnya, profesi guru menjadi tak terlalu berharga di mata masyarakat kita. Jika seorang mahasiswa menyebut dirinya mahasiswa FKIP atau kuliah di... katakanlah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), maka akan kedengaran biasa saja di telinga masyarakat kita.

Apa mungkin karena pada era ‘60-an Malaysia sempat mengimpor ribuan guru dari Indonesia, lalu disebarkan ke seluruh pelosok Malaysia untuk memberi sumbangsih terhadap pembangunan pendidikan Malaysia, sehingga mereka merasa guru begitu berharganya?

Kita memang harus banyak introspeksi dan bercermin pada negeri seberang. Di Malaysia, kedudukan yang membanggakan sebagai seorang Cekgu sudah tertanam sejak awal seseorang menjadi mahasiswa. 

Sikap baik yang salah satunya ditunjukkan melalui cara berpakaian dan berkomunikasi terus mereka biasakan. Student UPSI belajar menginternalisasikan citra sebagai Cekgu, bahkan sejak awal menjadi student di UPSI. 

LANJUT BACA HALAMAN 3

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Profesi Guru Di Malaysia Sangat Dihormati, Beginilah Perbedaan Signifikanya"

Posting Komentar